Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 06 Mei 2015

Materi Wawancara Forkiba 11

SEJARAH PASKIBRA
     Gagasan pengibar bendera muncul pada tahun 1946. Didirikan oleh (mayor) Husein Mutahar dari tahun 1967 sampai tahun 1972 nama organisasi ini masih “Pasukan Pengerek Bendera Pusaka”. Baru pada tahun 1973, Idik Sulaeman melontarkan suatu nama untuk Pengibar Bendera Pusaka dengan sebutan PASKIBRAKA. PAS berasal dari PASukan, KIB berasal dari KIBar mengandung pengertian pengibar, RA berarti bendeRA dan KA berarti PusaKA.

     Pengibaran bendera pusaka pertama kali oleh bapak Latif Hendraningrat dan Suhud S. Menjelang Hut RI ke 2 presiden Soekarno memanggil salah satu ajudannya yaitu mayor Husein Mutahar untuk menyiapkan dan memimpin upacara peringatan Hut RI tersebut, di halaman istana presiden.
     Paskibra yang memiliki tugas utama mengbarkan bendera pusaka pada upacara detik-detik proklamasi 17 Agustus ternyata memiliki sejarah panjangdalam pembentukannya, mengiringi perjalanan panjang bendera pusaka asli (yang dijahit tangan oleh ibu Fatmawati) hingga ketika bendera pusaka asli tidak lagi dikibarkan dan diganti dengan duplikat pusaka.
     Dalam paskibraka kita mengenal dasar-dasar yang berguna sebagai tujuan organisasi paskibraka di antanya :
Rasa senasib, sepenanggungan dan seperjuang.
Rasa persaudaraan dan kekeluargaan
Rasa persatuan dan kesatuan menuju pertahanan dan keamanan
     Tujuan menjadi anggota paskibraka ada tiga yaitu:
Membentuk pemuda yang bermental baik.
Membentuk persaudaraan antara pemuda.
Menjadikan pemuda sebagai pelopor dan Pandu Ibu Pertiwi.



Lambang Paskibraka

Lambang berupa bunga teratai yang tumbuh dari lumpur (tanah) dan berkembang di atas air, hal ini bermakna bahwa anggota Paskibraka adalah pemuda yang tumbuh dari bawah (orang biasa) dari tanah air yang sedang berkembang dan membangun. Bunga teratai berdaun bunga 3 (tiga) helai tumbuh ke atas (mahkota bunga), bermakna belajar, bekerja, dan berbakti. Bunga teratai berkelopak 3 (tiga) helai mendatar bermakna aktif, disiplin, dan gembira.  Mata rantai berkaitan melambangkan persaudaraan yang akrab antar sesama generasi muda Indonesia yang ada di berbagai pelosok penjuru (16 penjuru arah mata angin) tanah air






Lambang korps paskibraka

1)  Bentuk perisai bermakna “siap bela negara” termasuk bangsa dan tanah air Indonesia, warna hitam bermakna teguh dan percaya diri.2) Sepasang anggota Paskibraka bermakna Paskibraka terdiri dari anggota putra dan anggota putri yang dengan keteguhan hati bertekad untuk mengabdi dan berkarya bagi pembangunan Indonesia.3) Bendera Merah Putih yang sedang berkibar adalah bendera kebangsaan dan utama Indonesia yang harus dijunjung tinggi seluruh bangsa Indonesia termasuk generasi mudanya, termasuk Paskibraka.4) Garis horison atau awan tiga garis menunjukkan ada Paskibraka di tiga tingkat, yaitu nasional, provinsi, dan kabupaten/kota.5) Warna kuning berarti kebanggaan, keteladanan dalam hal perilaku dan sikap setiap anggota Paskibraka.
Kibarkan terus Sang Saka Merah Putih, di hati kita demi Indonesia tercinta.
 

0 komentar:

Posting Komentar